OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Simak Cara Pasang Aki Mobil yang Baik dan Benar Ini

Dilihat 4004
Arief Yuno
21 Des 2020, 13:05
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Aki merupakan cadangan tenaga utama yang berfungsi untuk memenuhi semua kebutuhan listrik mobil. Aki yang bermasalah tentunya akan sangat menghambat mobilitas kita saat berkendara. Aki mobil yang tidak berfungsi dengan baik akan menimbulkan beberapa masalah, misalnya AC tidak dingin, performa mobil menurun, mesin menjadi tidak stabil, bahkan menyebabkan mesin mati.

Semua masalah kelistrikan tersebut hanya bisa diatasi dengan mengganti aki mobil lama dengan yang baru. Tips berikut akan membantu Anda saat harus mengganti aki mobil tanpa bantuan montir. Terdapat 3 tahapan dalam proses penggantian aki mobil lama dengan yang baru, yaitu cara melepas aki lama, proses pembersihan karat dan cara memasang aki baru.

Cara Melepas Aki Lama


Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melepas aki mobil dengan benar. Untuk lebih amannya, lepas kabel, baut dan klem pada kutub negatif terlebih dahulu, kemudian lanjutkan ke kutub positif. Setelah semua kabel dan klem dilepas, angkat aki ke atas agar cairan di dalam aki tidak tumpah.

Pasalnya, jika Anda melepas bagian positif dari kabel tersebut terlebih dahulu agar tidak terjadi korsleting akibat work tool terjatuh ke terminal positif atau benda lain. Sedangkan jika Anda mencabut kabel negatif terlebih dahulu maka secara otomatis arus listrik yang ada di bodi mobil akan terputus. Kalaupun ada benda logam atau benda lain yang jatuh di kedua terminal, Anda tidak akan mengalami masalah seperti korsleting.

Membersihkan Bagian yang Berkarat


Langkah kedua adalah memeriksa kabel dan penjepit aki. Jika ada karat, gunakan cairan anti karat untuk membersihkannya atau Anda bisa menggosoknya agar karat hilang. Karat dan berbagai kotoran yang menempel pada klem dan ujung kabel akan menjadi isolator / penghalang masuknya listrik.

Cara Pasang Aki Baru


Langkah ketiga adalah memasang aki baru. Cara pasang aki baru adalah kebalikan dari cara melepas aki lama. Letakkan aki pada dudukan tegak lurus, kemudian pasang kabel positif terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan memasang kabel negatif. 

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya percikan api di kutub positif. Pastikan semua kabel dan klem terkunci rapat. Setelah itu coba nyalakan mesin mobil, jika semua berjalan lancar anda bisa menutup kap mobil dan melanjutkan perjalanan.

Biasanya setelah memasang kabel positif kemudian memasang kabel negatif pada terminal aki, dipastikan akan ada percikan api saat didekatkan ke terminal. Teman-teman tidak perlu panik, karena jika battery head sudah terpasang dengan sempurna, percikan api tidak akan muncul kembali. Kecuali jika terjadi korsleting, percikan api akan terus muncul di kutub negatif.

Tentunya sobat tidak mau berangkat kerja di pagi hari atau akan melakukan aktivitas di luar mobil tiba-tiba rusak karena starter tidak bisa dihidupkan. Mungkin diagnosis awal yang harus Anda pikirkan adalah aki mobil yang sudah aus. 

Sebelum masuk ke pokok bahasan utama pahami dulu jenis-jenis aki, fungsi aki dan komponen-komponen penyusun aki mobil agar Anda lebih memahami seluk beluk aki. Berikut penyebab aki mobil aus beserta solusinya dan pencegahannya.

Mobil jarang digunakan / dipanaskan


Salah satu penyebab aki mobil aus adalah mobil tersebut jarang digunakan. Hal ini dikarenakan aki tidak mendapatkan suplai listrik yang cukup sehingga membuat kapasitas aki kurang optimal. Karenanya, Anda wajib membawa mobil travelling minimal seminggu sekali agar asupan listrik ke aki selalu optimal yang otomatis membuat umurnya lebih panjang.

Penggunaan Mobil Intensif


Penyebab lain aki mobil lelah adalah karena tingginya intensitas penggunaan mobil. Mobil yang digunakan terus menerus membutuhkan daya listrik yang besar, sehingga aki bekerja terlalu ekstra yang otomatis akan mengurangi masa pakainya. Semua komponen mobil memang memiliki masa pakai, dan akan cepat rusak jika digunakan terus menerus.

Air Aki Habis


Salah satu kelebihan aki mobil tipe basah adalah dapat diisi ulang sehingga umurnya lebih lama dan lebih mudah perawatannya. Namun seringkali pemilik aki basah lupa untuk memeriksanya. Tiba-tiba air aki sempat habis, membuat aki tidak bisa bekerja dengan baik. Jika ini dibiarkan saja maka aki mobil sudah aus, jadi disarankan untuk selalu mengecek air aki sebelum bepergian.

Kapasitas Aki Mobil Tidak Sesuai


Seperti yang kami katakan di atas, sebaiknya kita tidak hanya memilih aki mobil. Pastikan kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan kelistrikan mobil yang kita miliki. Jika kapasitas aki yang digunakan terlalu kecil dapat mengakibatkan suplai berlebih yang dapat berakibat pada berkurangnya masa pakai aki dan aki mobil cepat aus.

Kelebihan Aksesoris Mobil


Memodifikasi mobil adalah salah satu hobi yang paling mengasyikkan. Seringkali pemilik mobil melakukan modifikasi dengan menambahkan sistem audio tanpa memperhatikan kapasitas aki mobil.

Sistem audionya membutuhkan daya listrik yang cukup besar, sehingga kami harus menyesuaikannya dengan kapasitas aki yang digunakan. Jika dibiarkan, lama kelamaan daya aki terkuras, sehingga berpotensi merusak aki mobil yang kerapkali pendek atau aus.

Penggunaan Lampu Mobil Arus Lebih


Tak hanya sistem audio, penggunaan lampu nonstandar juga menjadi salah satu penyebab aki mobil habis. Sebelum memodifikasi mobil dengan menambahkan sistem audio, lampu HID dan lampu proyektor, ada baiknya jika kita melihat dulu berapa daya yang dibutuhkan, agar aki mobil tersebut bisa kita ganti dengan ampere yang lebih besar agar kebutuhan dayanya sesuai.

Usia Aki Mobil


Bertambahnya usia mobil, berbanding lurus dengan usia aki mobil. Tentunya, kemampuan menghemat tenaga akan berkurang. Alhasil, Anda harus membeli aki baru yang kondisinya masih normal. Setidaknya penggantian aki mobil bisa dilakukan 2-3 tahun sekali, agar mobil terhindar dari mogok karena tidak bisa dihidupkan.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya