• twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Simak Tips Berikut Ini Supaya Mobil Lebih Irit BBM!

Yunita Efendi
2 Des 2021, 18:46
  • Dilihat 4840
  • Suka 0

Otoloka.id - Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar mobil lebih irit BBM. Beberapa orang mungkin akan menggunakan penghemat bensin, tetapi sebenarnya ada beberapa cara yang mudah dilakukan tanpa menggunakan alat tersebut.

Banyak pemilik mobil yang tidak tahu bahwa konsumsi BBM ini ternyata dipengaruhi juga oleh cara maupun gaya mengemudi. Ada beberapa pengemudi yang masih memiliki kebiasaan untuk menginjak pedal gas terlalu dalam ketika mengemudikan mobil.

Kali ini, kita akan membahas tentang beberapa gaya mengemudi yang bisa membuat boros BBM, serta beberapa tips mudah yang bisa diterapkan agar mobil lebih irit BBM. Nah, tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita simak informasinya berikut ini!

Gaya Mengemudi Yang Bikin Boros BBM

Sebelum membahas mengenai tips agar mobil irit BBM, mari kita bahas soal gaya mengemudi yang membuat boros BBM. Tanpa disadari, masih banyak pengemudi yang berkendara dengan cara ini, dan membuat mobilnya lebih boros BBM.

Berikut ini adalah beberapa gaya mengemudi yang harus dihindari jika kita ingin mobil kita irit BBM.

1. Menginjak Pedal Gas terlalu Dalam

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, masih banyak pengemudi yang memiliki kebiasaan untuk menginjak pedal gas terlalu dalam setiap kali mengemudikan mobil. Jika ingin mobil irit BBM, gaya mengemudi ini pun ternyata harus disesuaikan.

Baca juga : Simak 7 Cara Mudah Menabung untuk Beli Mobil Baru

Ketika kita menginjak pedal gas, jangan langsung diinjak dalam-dalam. Sebaiknya pedal gas diinjak perlahan hingga mencapai kecepatan yang dibutuhkan.

Selain itu, jika kita berkendara menggunakan mobil dengan transmisi otomatis, maka perlu diingat untuk selalu memposisikan tuas transmisi ke posisi netral.

2. Berkendara Ugal-ugalan

Berkendara dengan cara yang ugal-ugalan juga bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar pada mobil. Selain cara menginjak pedal gas, menjaga kecepatan ini juga penting untuk menjaga konsumsi BBM agar tidak boros.

Biasanya kebanyakan orang akan berkendara dengan ugal-ugalan atau memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi saat melaju di jalan bebas hambatan alias jalan tol. Gaya berkendara seperti ini ternyata bisa membuat konsumsi BBM lebih boros.

Baca juga: Tips Agar Tidak Mengantuk Dalam Perjalanan Jauh, Biar Berkendara Jadi Lebih Aman

Tips Irit BBM

Setelah mengetahui beberapa gaya mengemudi yang bisa membuat konsumsi BBM melonjak, kini saatnya kita membahas tentang tips yang bisa diterapkan agar mobil irit BBM. 

Beberapa tips berikut ini bisa diterapkan agar mobil irit BBM dan pemilik mobil tidak menghabiskan uang terlalu banyak untuk mengisi ulang BBM mobilnya.

1. Berkendara Dengan Kecepatan Stabil

Mobil kita akan menjadi lebih irit BBM jika kita memacu kendaraan dengan kecepatan yang stabil. Hal ini pula yang menyebabkan penggunaan BBM lebih irit ketika kita melewati jalan bebas hambatan atau jalan tol.

2. Gunakan AC Mobil Secukupnya

Banyak pemilik mobil yang masih belum tahu bahwa penggunaan AC mobil ini ternyata menyedot cukup banyak tenaga dari mesin. Hal ini mengakibatkan konsumsi BBM pun menjadi lebih tinggi.

Jika kita ingin menghemat penggunaan bahan bakar, kita bisa memilih waktu penggunaan AC. Gunakan AC pada waktu tertentu saja agar mobil bisa lebih irit BBM.

Baca juga: Tips menggunakan Ban Serep dengan Aman

3. Gunakan Bahan Bakar Yang Sesuai

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan mobil ternyata bisa memberikan pengaruh besar terhadap konsumsi BBM. Jenis bahan bakar yang tepat akan membuat mesin bekerja lebih efektif sehingga lebih irit bahan bakar.

Seperti yang kita tahu, setiap mobil ini membutuhkan jenis bahan bakar yang berbeda tergantung dari kompresi mesinnya dan dilihat dari kadar oktannya. Karena itu, pastikan bahan bakar yang digunakan sesuai dengan jenis kendaraannya.

4. Gunakan Fitur Cruise Control

Fitur yang satu ini memang mungkin tidak tersedia di semua mobil, tetapi jika kebetulan mobil kita memiliki fitur ini, tidak ada salahnya untuk digunakan.

Bagi yang masih awam, fitur Cruise Control ini berguna untuk menjaga kecepatan mobil berada dalam keadaan konstan tanpa pengemudi harus menginjak pedal gas. Hal ini tentu saja akan membuat mobil menjadi lebih irit BBM.

Tetapi penggunaan fitur ini perlu diperhatikan. Disarankan untuk menggunakan fitur Cruise Control hanya pada situasi yang memungkinkan, misalnya di jalan tol.

5. Pastikan Tekanan Angin Ban Cukup

Tekanan udara pada ban ternyata bisa mempengaruhi konsumsi BBM pada mobil. Ban yang kekurangan udara akan mengakibatkan rolling resistance atau hambatan gulir yang lebih besar.

Baca juga: Bedanya SIM A, B, C, dan D Beserta Cara Membuatnya

Hasilnya, permukaan ban yang bersentuhan dengan aspal menjadi lebih besar dan laju mobil pun terhambat. Hal ini akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

6. Jaga Putaran Mesin di 2.000 hingga 4.000 rpm

Putaran mesin ini memiliki pengaruh besar pada konsumsi BBM mobil kita. Semakin tinggi putaran mesinnya, maka semakin banyak pula bahan bakar yang dibutuhkan oleh mobil.

Tips mudah agar mobil kita tetap irit BBM adalah dengan menjaga putaran mesin berada di level normal. Kita disarankan untuk menjaga putaran mesin agar tetap berada di 2.000 rpm hingga 4.000 rpm.

7. Jangan Membawa Barang Yang Terlalu Berat

Salah satu faktor lain yang menyebabkan konsumsi BBM yang besar adalah karena beban mobil yang terlalu berat. Sebisa mungkin hindari berkendara dengan beban berlebih agar konsumsi BBM bisa tetap irit.

Baca juga: Mau Belajar Mengemudikan Mobil? Perhatikan Langkah Ini

8. Gunakan Fitur ECO dan Berkendara Dengan Halus

Tips terakhir yang bisa diterapkan untuk menjaga agar mobil tetap irit BBM adalah dengan menggunakan fitur ECO pada mobil dan berkendara dengan cara yang halus.

Dewasa ini, sudah banyak mobil yang dilengkapi dengan fitur ECO. Fitur ini akan dapat membatasi putaran mesin dengan menyalakan lampu indikator ketika kita berkendara pada putaran mesin yang tepat.

Selain itu, berkendara dengan perpindahan kecepatan yang halus juga bisa dilakukan untuk menghemat BBM. Tidak hanya membuat mobil lebih irit BBM, tetapi hal ini juga membuat mesin menjadi lebih awet.


Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      OTOLOKA Toolkit

      Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan