• Home>
  • Tips & Trik>
  • Tips Agar Tidak Mengantuk Dalam Perjalanan Jauh, Biar Berkendara Jadi Lebih Aman

Tips Agar Tidak Mengantuk Dalam Perjalanan Jauh, Biar Berkendara Jadi Lebih Aman

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
Yunita Efendi
2 Des 2021, 12:52
  • Suka 0

Otoloka.id - Tips agar kita tidak mengantuk saat melakukan perjalanan jauh merupakan tips yang penting untuk diketahui. Tidak jarang kita dengar berita kecelakaan yang terjadi akibat pengemudi yang mengantuk ketika berkendara.

Menghilangkan rasa kantuk saat berkendara ini memang tidak mudah. Salah satu faktor yang paling penting untuk menghilangkan rasa kantuk ini adalah dengan menjaga kondisi tubuh sebelum berkendara.

Tetapi selain cara tersebut, ternyata masih ada beberapa cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kantuk ketika berkendara. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar kita tidak mengantuk saat melakukan perjalanan yang jauh.

Tips Agar Tidak Mengantuk Dalam Perjalanan Jauh

1. Tidur Lebih Awal dan Jaga Pola Tidur

Manfaat tidur untuk kesehatan kita memang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Hal ini ternyata memiliki dampak bagi kekebalan tubuh.

Agar tidak kelelahan saat berkendara, sebaiknya sehari sebelum berkendara kita tidur lebih awal dan beristirahat yang cukup. Selain itu, menjaga pola tidur pun sangat disarankan agar kita lebih fokus saat berkendara.

2. Memutar Musik Up-Beat

Ketika berkendara, salah satu tips yang paling efektif agar tidak mengantuk terlebih ketika berkendara dalam jarak jauh adalah dengan menyetel musik dengan irama cepat atau up-beat.

Baca juga: Tips menggunakan Ban Serep dengan Aman

Menurut para ahli, musik yang harus dihindari untuk mengusir rasa kantuk ketika berkendara adalah musik yang memiliki instrumen perkusi, dan alat musik lain yang menggunakan string dengan aliran yang pelan.

Biasanya, musik jenis ini malah akan membuat kita mengantuk karena dimainkan dengan kecepatan 60 bpm (beat per minutes). Musik jenis ini wajib dihindari karena justru membuat otak menyuruh jantung untuk beristirahat.

3. Tidak Mengonsumsi Obat-obatan Sebelum Menyetir

Kebanyakan obat-obatan yang ada biasanya memiliki formula yang dapat menyebabkan kantuk. Oleh karena itu, mengonsumsi obat-obatan merupakan hal yang harus dihindari sebelum atau saat menyetir.

4. Memerhatikan Asupan Makanan dan Minuman

Sebelum mengemudi dalam jarak yang jauh, sebaiknya kita memperhatikan asupan makanan serta minuman. Konsentrasi pengemudi ini ternyata dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum maupun selama mengemudi.

Pastikan kita cukup mengkonsumsi air putih agar tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, sebaiknya hindari makan-makanan dengan porsi yang terlalu banyak dan mengandung lemak yang tinggi sebelum berkendara karena dapat berpotensi menyebabkan rasa kantuk.

5. Membuka Sedikit Kaca Jendela Mobil

Tips lainnya yang mudah diterapkan agar tidak mengantuk saat berkendara dalam jarak jauh adalah dengan membuka sedikit kaca jendela mobil kita ketika udara di luar cukup baik dan tidak terlalu banyak polusi.

Baca juga : Simak 7 Cara Mudah Menabung untuk Beli Mobil Baru

Dengan mematikan AC mobil dan membuka kaca jendela, kita dapat menghirup udara segar dari luar dan mengurangi rasa kantuk. Perlu diketahui bahwa rasa kantuk ini bisa timbul karena sirkulasi udara yang kurang baik di dalam mobil dan kondisi udara yang terlalu dingin di dalam kabin.

6. Menggunakan Obat Tetes Mata

Penggunaan obat tetes mata juga bisa menjadi salah satu tips yang mudah diterapkan agar kita tidak mengantuk ketika berkendara dalam jarak yang jauh. Mata yang terasa kering dan lelah memang bisa mengakibatkan rasa kantuk datang.

Tetapi perlu diingat bahwa penggunaan obat tetes mata ini juga tidak boleh berlebihan. Harus sesuai dengan dosis atau resep dokter.

7. Tidak Berkendara Sendirian

Tips lainnya yang wajib diketahui agar kita tidak mengantuk ketika berkendara dalam jarak yang jauh adalah dengan tidak berkendara sendirian. Dengan adanya teman selama mengemudi, kita akan dapat mengobrol sehingga rasa kantuk tidak akan mudah datang.

Mengemudi dengan jarak yang jauh tanpa ditemani oleh orang lain bisa jadi berbahaya. Hal ini karena ketika kita mengemudi sendirian, rasa kantuk akan lebih mudah menyerang dan dikhawatirkan akan meningkatkan resiko kecelakaan.

8. Beristirahat Ketika Sudah Lelah

Jika rasa kantuk sudah tidak bisa ditahan, sebaiknya segera cari rest area atau tempat untuk menepi sejenak. Jika memungkinkan, lakukan power nap atau tidur sejenak, sekitar 15 menit.

Hal ini akan membuat kita segar kembali saat terbangun. Selain itu, saat kita beristirahat, kita juga bisa melakukan peregangan agar otot-otot tubuh kita bisa bekerja dengan maksimal dan rasa kantuk pun bisa hilang.

9. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet saat berkendara dipercaya dapat membuat kita tetap fokus. Permen karet memang disebut dapat menurunkan kadar hormon stres yang bisa membuat perasaan kita lebih tenang selama mengemudi.

Baca juga: Bedanya SIM A, B, C, dan D Beserta Cara Membuatnya

Dengan mengunyah permen karet, otot-otot di wajah kita akan bergerak sehingga aliran darah yang mengalir ke seluruh tubuh akan tetap lancar. Hal ini akan meningkatkan konsentrasi kita ketika berkendara dan dijamin mengusir rasa kantuk.

10. Mengkonsumsi Kafein

Tips terakhir yang bisa diterapkan agar kita tidak mengantuk ketika berkendara dalam jarak yang jauh adalah dengan mengkonsumsi kafein selama berkendara. Seperti yang kita tahu, kafein yang bisa kita dapat dari kopi dan teh ini bisa membantu untuk mengusir kantuk.


Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      OTOLOKA Toolkit

      Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan