• Home>
  • Tips & Trik>
  • Tips Aman Berkendara Motor Jarak Jauh, Supaya Aman di Jalan

Tips Aman Berkendara Motor Jarak Jauh, Supaya Aman di Jalan

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
Yunita Efendi
1 Des 2021, 16:08
  • Suka 0

Otoloka.id - Tips aman berkendara dengan motor merupakan informasi yang harus kita ketahui. Pasalnya, kebanyakan pengendara kendaraan bermotor di Indonesia merupakan pengendara motor.

Motor memang merupakan alat transportasi yang cukup banyak digunakan. Bukan hanya digunakan sebagai alat transportasi harian, motor juga bisa digunakan sebagai alat transportasi jarak jauh.

Banyak pengendara motor yang berkendara dalam jarak yang jauh ketika melakukan tradisi mudik. Motor banyak dipilih karena lebih murah dan cenderung lebih mudah digunakan dibandingkan dengan mobil.

Kendati demikian, masih banyak terjadi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan motor. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan tentang cara aman berkendara menggunakan sepeda motor.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai beberapa tips yang bisa dilakukan agar kita aman berkendara dengan motor. Langsung disimak informasinya berikut ini!

Tips Aman Berkendara Motor

1. Cek Kondisi Kendaraan

Sebelum berkendara menggunakan motor, kita harus memastikan terlebih dahulu bahwa motor yang akan kita kendarai berada dalam keadaan yang prima. Kita sebaiknya memastikan bahwa semua bagian motor berfungsi dengan baik.

2. Gunakan Kelengkapan Keselamatan

Ketika mengendarai motor, pastikan kita menggunakan kelengkapan berkendara yang sesuai dengan standar agar dapat mengendarai motor dengan aman. Beberapa kelengkapan berkendara yang harus digunakan antara lain helm, jaket, sepatu, celana panjang, sarung tangan, serta masker.

3. Menjaga Jarak Dengan Kendaraan Lain

Ketika berkendara, kita seringkali mengabaikan jarak aman dengan kendaraan yang ada di sekitar kita. Pastikan kita menjaga jarak aman dan laju kendaraan agar resiko kecelakaan bisa diminimalisir.

Baca juga: Tips Yang Wajib Diketahui Bagi Para Pecinta Touring

4. Fokus Berkendara

Selanjutnya, ketika berkendara, kita juga harus memastikan bahwa kita berada dalam keadaan fokus. Berkendara dengan jarak dekat maupun jarak jauh membutuhkan fokus yang baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebelum berkendara, sebaiknya kondisi tubuh dipersiapkan dengan baik. Apabila dirasa lelah, maka disarankan untuk berhenti sejenak dan beristirahat di rest area maupun di tempat peristirahatan lainnya.

5. Mematuhi Peraturan Lalu Lintas

Mematuhi peraturan lalu lintas merupakan hal yang wajib dilakukan agar kita bisa berkendara menggunakan motor dengan aman. Dengan mematuhi rambu lalu lintas, kita akan menjaga keamanan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Tips Aman Berkendara Menggunakan Motor Matic

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang tips aman berkendara menggunakan motor secara umum, sekarang kita akan membahas beberapa tips yang bisa dilakukan agar kita aman berkendara menggunakan motor matic.

Baca juga: Ini Cara Irit Bahan Bakar Saat Berkendara Sepeda Motor ala Yamaha

Beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum berkendara dengan motor matic adalah sebagai berikut.

1. Mengecek Kondisi Belt CVT

Belt CVT (Continuous Variable Transmission) merupakan salah satu komponen yang paling penting pada motor matic. Sebelum melakukan perjalanan menggunakan motor jenis ini, kita harus memastikan bahwa kondisi Belt CVT ini berada dalam keadaan yang baik.

Jika dipakai dalam jangka waktu yang terlalu lama tanpa adanya perawatan rutin, kondisi Belt CVT ini memang bisa menurun. Kondisi belt yang sudah tidak sesuai standar akan mengurangi kenyamanan saat berkendara dan beresiko menyebabkan kecelakaan.

2. Mengecek Kondisi Ban

Sebenarnya bukan hanya pada motor matic, kondisi ban memang harus dicek sebelum kita melakukan perjalanan menggunakan motor jenis apapun. Jika kondisi ban sudah aus, sebaiknya ganti dengan ban baru dan pastikan ukurannya sesuai standar.

3. Periksa Rem

Tips yang satu ini juga bukan hanya harus diterapkan sebelum berkendara dengan motor matic, tetapi dengan motor apapun.

Rem merupakan salah satu komponen motor yang paling penting. Karena itu, sebelum berkendara, kita harus memastikan kondisi rem sesuai dengan standar.

4. Mengecek Lampu

Satu lagi yang tidak boleh luput untuk dicek sebelum berkendara adalah bagian lampu. Pastikan lampu berada dalam kondisi yang baik, karena jika kita harus berkendara dalam keadaan yang gelap sekalipun, kita tidak akan kesulitan melihat jalan sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Baca juga :  Lumasi Rantai Motor, Lebih Baik Pakai Chain Lube atau Oli Bekas?

Dampak Berkendara Menggunakan Motor Dengan Jarak Jauh

Berkendara menggunakan motor dengan jarak yang jauh bisa menjadi hal yang melelahkan. Karena itu, sebelum melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan motor, sebaiknya kita memastikan seluruh perlengkapan sudah disiapkan dengan baik.

Ternyata, ada beberapa dampak yang kurang baik dari mengendarai motor dengan jarak yang terlalu jauh.

Pertama adalah kita menjadi lebih mudah terpapar polusi. Ketika berkendara dengan motor, kita pasti akan langsung terpapar dengan asap kendaraan, debu, dan sinar matahari dalam waktu yang lama.

Hal ini bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan kita jika terjadi secara terus menerus. Karena itu, tips aman berkendara menggunakan motor harus kita jalankan.

Baca juga : Simak 6 Tips Sederhana Cara Merawat Motor

Selain itu, berkendara dengan jarak yang jauh akan mengakibatkan rasa lelah dan kantuk. Sebaiknya, jika kita sudah merasa lelah dan mengantuk ketika mengendarai motor, kita berhenti untuk beristirahat.

Melanjutkan perjalanan dengan kondisi tubuh yang kelelahan akan mengurangi konsentrasi dan fokus pengendara sehingga akan meningkatkan resiko kecelakaan.


Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan