Tips Aman Berkendara Saat Hujan, Pengendara Wajib Tahu!

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
Yunita Efendi
2 Des 2021, 10:40
  • Suka 0

Otoloka.id - Tips berkendara saat musim hujan seperti sekarang ini memang wajib diketahui oleh para pengendara, baik pengendara motor maupun mobil. Ketika hujan, jalan menjadi lebih licin dan visibilitas pun berkurang, sehingga lebih rawan terjadi kecelakaan.

Bukan hanya harus berhati-hati ketika berkendara, ternyata ada beberapa tips sebelum berkendara saat hujan yang bisa kita terapkan. Dengan menerapkan tips-tips ini, kita akan dapat meminimalisir resiko kecelakaan.

Kali ini, mari kita bahas tentang beberapa tips berkendara saat hujan agar kita bisa mengantisipasi berbagai dampak yang timbul akibat cuaca hujan ini. Daripada penasaran, langsung saja kita simak informasinya berikut ini.

Tips Berkendara Saat Hujan Dengan Motor

1. Gunakan Jas Hujan Single

Saat berkendara menggunakan motor di musim hujan, disarankan untuk menggunakan jas hujan mode single. Walaupun ada juga jenis jas hujan tandem atau kalong, jas hujan jenis ini seringkali menyulitkan para pengendara motor.

Penggunaan jas hujan single ini memang lebih praktis dan nyaman. Pastikan untuk selalu membawa jas hujan ini di dalam bagasi motor agar tidak kesulitan jika tiba-tiba hujan turun ketika kita berada di dalam perjalanan.

2. Hindari Rem Mendadak

Di musim hujan, seringkali banyak jalanan rusak yang tergenang air. Jika tergenang air, tentu kita tidak bisa melihat adanya lubang tersebut, sehingga akan berbahaya ketika berkendara.

Baca juga: Agar Lebih Awet, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Pada Mobil Matik!

Di Indonesia, memang tidak jarang ditemukan kasus kecelakaan yang terjadi akibat lubang yang tidak terlihat karena tergenang air hujan. Hal ini membuat kita sebagai pengendara harus ekstra hati-hati dalam berkendara.

Selain memperhatikan keadaan jalan, kita juga sebaiknya melaju dengan kecepatan rendah dan menghindari rem mendadak. Melakukan pengereman secara mendadak bisa meningkatkan resiko kecelakaan.

3. Menyalakan Lampu

Saat hujan, visibilitas pengendara dapat dipastikan akan menurun. Oleh karena itu, tips berkendara saat hujan yang satu ini sangat disarankan.

Pastikan untuk menyalakan lampu motor ketika berkendara saat hujan. Lampu akan dapat meningkatkan visibilitas terhadap jalan dan kendaraan lain yang ada di depan kita.

4. Menepi Saat Kendaraan Bermasalah Maupun Kelelahan

Jika keadaan motor sudah tua, sebaiknya kita tidak memaksakan untuk berkendara ketika hujan lebat maupun banjir. Selain itu, jika ketika berkendara dirasa ada yang tidak beres dengan motor kita, sebaiknya berhenti dan cek keadaan motor untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga : 5 Barang Wajib untuk Perawatan Mobil di Musim Hujan

Selain kondisi motor, kondisi tubuh kita juga perlu diperhatikan. Apabila dirasa lelah atau mengantuk, sebaiknya kita berhenti untuk beristirahat sejenak, karena melanjutkan pengendaraan dalam keadaan tersebut akan berbahaya.

5. Tetap Mematuhi Rambu Lalu Lintas

Ketika mengendarai motor di tengah hujan, kita harus tetap fokus dan mematuhi rambu lalu lintas yang ada. Dengan melakukan hal ini, kita bukan hanya menjaga keselamatan diri kita, tetapi juga menjaga keselamatan pengguna jalan lainnya.

Tips Berkendara Saat Hujan Dengan Mobil

1. Perhatikan Kondisi Tubuh

Bukan hanya untuk berkendara dengan motor, memperhatikan kondisi tubuh sebelum berkendara juga wajib dilakukan oleh para pengendara mobil. Pastikan kita berada dalam kondisi yang fit sebelum berkendara agar dapat berkendara dengan konsentrasi tinggi saat hujan.

2. Mengecek Kondisi Mobil

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan ketika berkendara menggunakan mobil saat hujan adalah mengecek kondisi mobil. Sebelum berkendara, kita harus memastikan bahwa semua bagian mobil berfungsi dengan baik.

Bukan hanya mesin, beberapa bagian lain seperti lampu dan wiper juga perlu dicek agar bisa berfungsi dengan baik dan siap digunakan ketika hujan. Disarankan juga untuk membawa ban cadangan untuk berjaga-jaga.

3. Berkendara Dengan Kecepatan Rendah

Ketika berkendara menggunakan mobil dalam keadaan hujan, sebaiknya kita menjaga laju kendaraan agar tetap berada di kecepatan rendah. Berkendara denan kecepatan tinggi di saat hujan bisa mengakibatkan kecelakaan yang tidak diinginkan.

Baca juga: Penting, Merawat Wiper di Musim Penghujan

4. Menjaga Jarak Aman dan Menyalakan Lampu

Menjaga jarak aman dengan kendaraan lain di sekitar kita juga merupakan tips yang perlu diingat ketika kita berkendara saat hujan. Dengan menjaga jarak dengan pengguna jalan lainnya, resiko kecelakaan bisa diminimalisir.

Selain itu, sama seperti yang sudah disebutkan pada tips berkendara saat hujan dengan motor sebelumnya, kita juga sebaiknya menyalakan lampu. Hal ini dilakukan agar kondisi jalan bisa terlihat dengan baik, karena jarak pandang menjadi terbatas ketika hujan deras.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa tips berkendara saat hujan bagi pengendara motor maupun mobil. Kendati demikian, jika keadaan hujan terlalu deras atau jalanan tergenang banjir, sebaiknya perjalanan ditunda untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, sebaiknya setelah berkendara di tengah hujan kendaraan segera dicuci bersih. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya kotoran yang menempel pada kendaraan.

Tips berkendara saat hujan ini memang sangat penting untuk diperhatikan. Dengan menerapkan tips-tips ini, kita akan dapat berkendara dengan lebih aman dan nyaman meskipun dalam keadaan cuaca hujan.


Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Motor

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Motor

      OTOLOKA Toolkit

      Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan