• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Tips Asyik Trabasan Pakai Motor Trail Injeksi

Dilihat 426
Alun Segoro
3 Des 2020, 23:58
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Motor Trail

Otoloka.id – Pernah dengar produk motor trail injeksi yang ada di Indonesia? Memang sepertinya motor trail injeksi belumlah terlalu populer di kalangan pengguna. Apalagi ditopang fakta, kalau motor semacam ini harganya lebih mahal.

Selain itu terdapat kenyataan, bahwasanya mindset kaum hobiis motor trail di tanah air masih lebih menggemari yang menggunakan kaburator. Karena motor semacam ini di mata mereka dianggap lebih bertenaga.

Meski begitu, bukan berarti motor trail injeksi tidak punya penggemar setia. Buktinya di berbagai lomba atau kegiatan offroad, semakin banyak para peserta yang berpartisipasi dengan menggunakan motor trail injeksi. 

Baca juga : Mau Aman Main Motor Offroad? Pastikan Kenakan Ini

Nah khusus bagi para pemilik motor trail injeksi, kiranya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membawa tunggangan kesayangan tersebut untuk berpetualang. Yaitu;

Motor Trail

1. Bahan Bakar

Hal utama yang harus diperhatikan ketika mengendarai motor trail injeksi adalah bahan bakar. Biasanya di beberapa jalur offroad populer, apalagi jalur yang memang sudah sering digunakan para komunitas, tersedia penjual bahan bakar. 

Namun biasanya kualitas dari bahan bakar eceran tersebut tidak sebagus bahan bakar umum yang dijual di SPBU. Jadi alangkah baiknya memastikan motor trail injeksi yang digunakan memiliki bahan bakar yang cukup, sebelum diajak berpetualang.

Tetapi, kalau memang terpaksa isi bensin eceran, pastikan wadah penampung bensinnya kelihatan bersih. 

Karena jika wadah penampungnya tampak kotor, ditakutkan kotoran yang ada dan mengendap di wadah tadi akan berisiko ikut masuk ke dalam tangki motor. Jika hal ini terjadi, sudah dapat dipastikan kotoran tadi akan menyumbat fuel pump atau injector motor trail.

Motor Trail

2. Banyak Sensor

Apabila terjadi penyumbatan, akan berlanjut pada gangguan beragam sensor. Mulai dari sensor tekanan udara (MAP), sensor suhu udara (IAT), sensor panas mesin (EOT/ECT), sensor oksigen (O2 Sensor), sensor putaran Crank Shaft, dan sensor posisi bukaan gas (TPS).

Baca juga : 5 Langkah Jitu Perawatan Wiper Mobil Agar Tetap Optimal

Memang ada sejumlah varian motor trail injeksi yang memiliki saringan bensin di bibir tangki. Biasanya motor yang buatan Eropa. Malah motor Eropa memiliki tiga filter bensin, dimana yang pertama berada di bibir tangki, lalu di dalam tangki dan kemudian di fuel pump. Tapi meski demikian, bukan berarti dibolehkan menggunakan bahan bakar yang kotor.

3. Anti Air

Kalau berpetualang menggunakan motor trail, maka saat menerjang lintasan basah seperti sungai atau genangan air, motor trail injeksi terhitung aman.

Sebab beberapa sambungan atau soketnya sudah memiliki o-ring, dan telah dilapisi sealant, supaya tidak terjadi korsleting. Bahkan untuk ECU-nya, motor trail injeksi selain dilapisi sealant, juga diperkuat cover karet, agar tidak korsleting saat terkena air.

Motor Trail

4. Bebas Banjir Bensin

Asyiknya lagi, jika off road mengendarai motor trail injeksi, dijamin bensin bebas banjir. Beda halnya dengan motor trail berkarburator, yang pasti akan akan mengalami banjir bensin. Terlebih ketika motor trail terjatuh. Otomatis, untuk menghidupkannya kembali, butuh effort yang tidak sedikit.

Sebenarnya, motor trail injeksi tidaklah perlu perawatan yang rumit, seusai penggunanya melakukan trabasan ke hutan. Perawatan motor trail injeki sesudah kegiatan trabas, paling hanya ganti oli, periksa bearing roda, serta memeriksa sensor-sensornya memakai diagnostic tools.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
      Komentar
      Kirimkan

        Kendaraan Terbaru

        • Mobil
        • Motor
        Berita Terpopuler
        kredit
        Kalkulator Kredit
        *Tipe
        Mobil Baru
        Mobil Bekas
        *Harga Kendaraan
        *Jumlah Deposit
        *Suku Bunga(%)
        *Masa Cicilan
        Pilih
        • 1 Tahun
        • 2 Tahun
        • 3 Tahun
        • 4 Tahun
        • 5 Tahun
        • 6 Tahun
        Tips:
          Selanjutnya
          kredit
          Kalkulator Asuransi
          *Kode Plat Nomor Kendaraan
          Pilih
          *Jaminan Pokok
          Comprehensive
          Total Loss Only
          *Tahun Kendaraan
          Pilih
            *Nilai Pasar
            Jaminan Perluasan
            • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
            • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
            • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
            • Terorisme dan Sabotase
            • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
            Tips:
              Selanjutnya