Tips Belajar Parkir Mobil untuk Pemula

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
Yunita Efendi
2 Des 2021, 19:12
  • Suka 1

Otoloka.id - Selain harus mahir membaca dan menaati aturan lalu lintas di jalan raya, pengendara pemula juga wajib menguasai bagaimana cara parkir mobil dalam situasi dan kondisi apapun. Ini penting untuk dikuasai oleh pengemudi pemula yang masih minim pengalaman.

Menguasai cara parkir mobil sangatlah penting, disadari atau tidak, kemampuan tersebut akan dirasa saat kalian sampai tujuan. Tentunya tidak terbayang, kalau harus terus menerus minta bantuan orang lain untuk minta diparkirkan mobilnya.

Untuk itu, kira-kira apa saja sih yang harus dilakukan untuk belajar parkir? 

Yuk, kita simak tips belajar parkir mobil untuk para pengemudi pemula.

Mencari Pengajar

Walaupun sudah mahir berkendara, toh, masih banyak juga kan yang butuh bantuan orang lain. Enggak percaya? Buktinya, tukang parkir yang selalu siap membantu di sekitaran lahan parkir kini menjamur di mana-mana.

Apalagi bagi pengemudi pemula yang masih “deg-deg ser” saat hendak memarkirkan mobilnya. 

Baca juga: Mau Belajar Mengemudikan Mobil? Perhatikan Langkah Ini

Nah, di sini kami sarankan saat latihan parkir wajib didampingi oleh pengajar, mentor, atau setidaknya teman hingga perhitungan dan “feeling” parkir lancar. 

Di luar pengajar, hendaknya mulailah dengan belajar parkir menggunakan mobil yang berukuran kecil. Sekiranya sudah menguasai sepenuhnya, bisa lanjut latihan mobil berukuran besar.

Latihan di Area Sepi

Memilih tempat sepi untuk latihan parkir mobil bisa menjadi salah satu obat mujarab bagi kalian untuk para pengemudi pemula.

Selain meminimalisir lecet atau kejadian lain yang tak diinginkan, di area yang tak cukup ramai juga berguna untuk meningkatkan kepercayaan diri selama latihan. 

Area parkir yang sepi mungkin bisa di sekitaran komplek rumah atau di lapangan kosong sekalian. Lahan parkirnya tidak perlu terlalu luas, yang penting aman. 

Pahami Kinerja Kemudi

Semacam pemanasan, cara memahami kinerja kemudi bisa dilakukan di saat mobil berjalan santai.

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Untuk Ganti Kampas Rem Mobil

Mengapa tidak saat diam? 

Jika kalian memutar-mutar kemudi untuk memahami putarannya ketika mobil diam, ini akan berpengaruh buruk pada ban. Jadi hendaknya bawa dulu mobilnya jalan-jalan di sekitaran sambil memahami kemudinya. 

Ingat, setiap kemudi mobil mungkin berbeda, dari tipenya (power steering, electronic power steering, dll.) hingga radius putarnya.

Pahami dan kuasai juga arah setir mobil kalian saat berjalan mundur. Jika ini dilakukan secara rutin perlahan bisa menguasainya.

Ambil Posisi Start

Percaya atau tidak, sebagian orang mungkin akan mengambil posisi awalan untuk ancang-ancang parkir. Atau di samping itu, pengemudi akan mencari patokan tertentu untuk memudahkannya mengira-ngira medan parkirnya.

Misalnya, di parkiran basement mall patokan garis di bawah tentu jadi rujukan paling aman dan mudah. Selain itu bisa juga melihat mobil di sebelah dan menyamakannya antara spion dengan spion untuk patokan saat mundur lurus. Untuk di tempat lain bisa disesuaikan.

Baca juga: Kenali Huruf dan Angka di Tuas Transmisi Matik, Mudah Kok!

Beri Jarak Kanan dan Kiri 

Saat mundur perlahan posisi mobil harus seimbang jaraknya agar kanan dan kirinya tidak terlalu berdempetan. 

Cara melihat spion mobil sebelah juga bisa dimanfaatkan untuk mengira-ngira jarak kiri kanan mobil. Beri ruang untuk buka tutup pintu mobil.

Memanfaatkan Fitur Parkir

Kini beberapa mobil sudah dilengkapi dengan berbagai fitur teknologi canggih yang dapat membantu pengemudi kala parkir.

Teknologi sederhana seperti sensor belakang saat mundur juga akan sangat membantu. Bahkan kini kamera belakang juga seakan-akan menjadi fitur wajib bawaan pabrikan. 

Selain itu, fitur parkir otomatis tentunya akan sangat memudahkan pengemudi, bahkan untuk pemula. Jika kalian memiliki mobil dengan fitur canggih tersebut bisa dimanfaatkan juga untuk belajar parkir, jika sewaktu-waktu harus memarkirkan mobil lainnya yang tidak memiliki fitur tersebut.

Kendalikan Injakan Pedal Gas

Naik turun pedal gas tentunya harus diatur dengan ritme yang dibutuhkan. Contoh saat kalian menginjak pedal gas terlalu menekan tentu rem harus diinjak sesuai kebutuhan agar bisa mengimbanginya. 

Cara seperti ini harus selalu diterapkan, agar kaki selalu merespon di setiap pedal.

Namun untuk mobil matik, mungkin akan terbantu dengan idling rpm yang memungkinkan mobil berjalan dengan sendirinya secara perlahan. Ini bisa dimanfaatkan saat parkir agar kaki lebih fokus pada pengereman.

Tetap Fokus Bagian Depan saat Mundur

Sering melupakan posisi depan mobil karena fokus mau parkir mundur tak bisa dipungkiri jadi hal yang sering dijumpai dari pengemudi pemula. 

Baca juga: Perhatikan Tekanan Angin Pada Ban Cadangan, Ini Sebabnya!

Tentunya ini hal yang salah, gara-gara terlalu fokus ke belakang dan posisi mobil belum lurus, mobil bisa berpotensi menyenggol mobil lain di sebelahnya. Tentu tidak mau, kan? Gara-gara fokus mundur bagian depan mobil malah kena mobil lain.

Bagian depan mobil tetap harus diperhatikan, setidaknya hingga mobil sudah dalam posisi yang lurus. Selain menyesuaikan lahan parkir, pastikan posisi ini bisa mempermudah saat mobil kalian hendak keluar.

Jangan Panik

Alih-alih banyak kekhawatiran saat belajar parkir mobil, rasa panik pun tak terbendung lagi. Padahal rasa panik justru akan menghambat keterampilan.

Maka dari itu, poin-poin yang sudah disebutkan di atas tadi bisa jadi rujukan agar semua kondisi belajar parkir mobil tetap terkendali, dan kalian menjalaninya tanpa panik sedikit pun.

Ingat! Jangan panik, tetap tenang. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan-lahan.Tetap diatur nafasnya sampai sudah merasa siap.

Baca juga: Ini Arti Kode Pelumas di Oli TMO, Pengguna Toyota Mampir!

Tak harus merasa malu atau takut dengan pengemudi lain. Mereka tentu akan memaklumi kalian. Tetap berpikiran positif. Dengan begitu, kalian bisa lebih berkonsentrasi saat harus parkir mundur. 

Oh iya, cara parkir mundur seperti di atas tentu tidak seratus persen bisa diterapkan. Yang jelas kalian tetap perlu melakukan beberapa penyesuaian dengan situasi dan kondisi yang kalian hadapi. 

Parkir mobil membutuhkan keahlian khusus, pastikan kalian terus berlatih benar-benar dan mempelajari caranya. 

Semakin paham dan mencoba, kalian pasti bisa menguasai cara parkir yang benar. Selamat mencoba!


Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      OTOLOKA Toolkit

      Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan