• twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Tips Membeli Mobil Bekas Taksi, Jangan Sampai Terkecoh!

Yunita Efendi
6 Des 2021, 15:10
  • Dilihat 4865
  • Suka 0

Otoloka.id - Belakangan ini, banyak pecinta mobil yang tertarik untuk mencari tips membeli mobil bekas taksi. Mobil bekas taksi memang sedang menjadi incaran karena harganya yang terbilang sangat murah dan kondisinya yang masih bagus.

Karena merupakan bekas mobil taksi yang selalu dijaga kondisinya, pembeli tidak perlu khawatir tentang performa mobil ini meskipun dalam keadaan bekas. Selain itu, upgrade mobil juga biasanya bisa ditangani oleh pool penjual mobil taksi.

Unit mobil bekas yang dijual oleh para perusahaan taksi ini juga tidak sembarangan. Mobil yang dijual kembali biasanya sudah menjalani proses perbaikan sementara sehingga dijamin kualitasnya.

Para perusahaan taksi biasanya menjual mobil-mobil bekas ini karena adanya peremajaan yang dilakukan secara berkala oleh perusahaan tersebut.

Baca juga: Ingin Meminang Mobil Bekas Taksi, Cek Dahulu Kelebihan dan Kekurangannya

Minat membeli mobil bekas taksi? Simak dulu tips membeli mobil bekas taksi berikut ini!

Harga Mobil Bekas Taksi

Sebelum membahas beberapa tips tentang membeli mobil bekas taksi, mari kita lihat beberapa model mobil yang dijadikan taksi beserta dengan harga jualnya.

Ada beberapa model mobil yang memang sering dijadikan mobil taksi. Mobil bekas taksi memang terbilang murah, tetapi harganya bisa berbeda-beda sesuai dengan kondisi mesin, eksterior, maupun interiornya.

Berikut ini adalah beberapa model mobil bekas taksi berikut harganya.

1. Toyota Limo

Toyota Limo merupakan salah satu model mobil yang paling banyak terjual di pool penjualan taksi. Mobil ini biasanya dipasarkan dengan harga sekitar Rp 60 jutaan, tetapi dalam kondisi yang belum direkondisi.

Kendati demikian, harga untuk melakukan rekondisi pada mobil ini tidak begitu mahal. Biasanya hanya dibutuhkan dana sekitar Rp 5 jutaan untuk melakukan rekondisi pada mobil ini.

Sebagai informasi, Toyota Limo merupakan mobil sedan bermesin 4 silinder dengan kapasitas 1.5L. Selain karena murah, mobil ini juga cukup populer karena dikenal cukup irit BBM.

2. Nissan Almera

Nissan Almera merupakan model mobil bekas taksi yang jarang ditemukan di jalan. Ternyata, banyak supir taksi yang enggan menggunakan mobil ini karena kabinnya yang kurang leluasa.

Baca juga: Modifikasi Mobil Eks Taksi Mewah Jadi Makin Mewah Lagi

Hal ini menyebabkan banyak ditemukan Nissan Almera di pool mobil bekas taksi. Kebanyakan model yang tersedia adalah Nissan Almera generasi ketiga dan model ini dijual dengan kisaran harga Rp 50 jutaan.

3. Toyota Etios

Toyota Etios juga menjadi salah satu mobil bekas taksi yang cukup banyak dicari. Alasannya, karena mobil ini dijual dengan kisaran harga Rp 35 jutaan saja.

Mobil ini memiliki desain yang kompak dan tarikan yang responsif. Kendati demikian, pembeli biasanya harus melakukan rekondisi terlebih dahulu setelah membeli mobil yang satu ini.

4. Mercedes-Benz C200 CGI

Bagi konsumen yang menginginkan kemewahan lebih, mobil bekas taksi yang bisa dipilih adalah Mercedes-Benz C200 CGI. Mobil ini ditawarkan dengan kisaran harga Rp200 jutaan di pasar mobil bekas taksi.

Pembelian mobil ini juga bisa menggunakan sistem kredit. Down payment-nya berkisar antara Rp65 juta hingga Rp75 jutaan.

Baca juga: Taksi Terbang Hyundai Diproyeksi Bakal Terealisasi di 2028 Mendatang

Tetapi, perlu diingat bawa karena mobil ini dibuat khusus untuk digunakan sebagai taksi ada beberapa fitur mobil Mercedes-Benz yang tidak tersedia pada mobil yang satu ini.

Tips Membeli Mobil Bekas Taksi

Sekarang kita masuk ke pembahasan utama, yaitu tips membeli mobil bekas taksi. Meskipun dibanderol dengan harga yang cukup murah, kita tidak boleh terkecoh.

Pasalnya, biasanya mobil bekas taksi ini masih membutuhkan rekondisi setelah dibeli. Selain itu, kita juga harus pandai-pandai memilih mobil bekas taksi mana yang kualitasnya masih bagus.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membeli mobil bekas taksi.

1. Siapkan Dana Tambahan Untuk Rekondisi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kebanyakan mobil bekas taksi ini masih membutuhkan rekondisi setelah dibeli. Karena itu, konsumen juga harus menyiapkan dana tambahan untuk melakukan rekondisi tersebut.

Tetapi tidak perlu khawatir, karena dana rekondisi untuk mobil bekas taksi ini termasuk murah. Biasanya akan dibutuhkan dana sekitar Rp 5 jutaan hingga Rp 10 jutaan, tergantung keadaan mobil bekas taksi tersebut.

2. Pastikan Mobil Bukan Bekas Kecelakaan Maupun Banjir

Tips berikutnya dalam membeli mobil bekas taksi adalah kita harus teliti dalam memastikan bahwa mobil bekas yang kita beli ini bukan bekas kecelakaan maupun banjir.

Selain bertanya pada sales penjual mobil, kita juga harus memastikan sendiri isi di dalam mobilnya. Kita bisa melihat apakah mobil memiliki bau apek atau lumpur, serta apakah mobil memiliki bekas genangan yang didapat akibat banjir.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar kualitas mobil bekas taksi yang kita beli masih bagus.

Baca juga: Pilihan Mobil Keluarga yang Patut Dimiliki saat Tahun Baru

3. Perhatikan Kaki-kaki Mobil

Bukan hanya bagian dalam mobil maupun mesinnya, kaki-kaki mobil juga penting untuk kita perhatikan sebelum membeli mobil bekas taksi. Kaki-kaki mobil bekas taksi terbilang rawan rusak karena taksi memang digunakan untuk menempuh jarak yang cukup jauh.

Jika kaki-kaki mobil tidak berada dalam kondisi yang baik, maka performanya akan menurun dan mobil akan lebih sulit mencengkram jalan.

4. Cari Tahu Jarak Tempuh Mobil

Tips selanjutnya untuk memilih mobil bekas taksi ini adalah dengan melihat jarak tempuh mobilnya. Dengan melakukan hal ini, kita bisa mengetahui seberapa lama dan seberapa sering mobil tersebut dipakai.

Hal ini juga akan menentukan masa pakai mobilnya. Jika jarak tempuhnya masih rendah, berarti masa pakainya masih cukup lama.

5. Cek Surat-surat Kendaraan

Tips terakhir dan yang paling penting dalam membeli mobil bekas taksi adalah untuk mengecek surat-surat kendaraan tersebut. Pastikan kondisi surat sesuai dengan nomor rangka, nomor mesin, serta STNK dan BPKB.

Perusahaan taksi pada umumnya akan langsung membuat plat hitam atas nama pembelinya ketika mobil terjual, sehingga proses pembelian menjadi lebih praktis. Namun ada juga beberapa perusahaan yang mengharuskan pembelinya untuk melakukan balik nama sendiri.


Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      OTOLOKA Toolkit

      Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan