• twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Tips Modifikasi Motor Matic Aman dan Nyaman

Ismet
2022-02-22 23:50:00
Ismet
loading...

Otoloka.id- Modifikasi sepeda motor menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan rasa bosan pada tampilan standar motor. Bisa juga menjadi objek kreatifitas sang owner dalam menuangkan ide modifikasi sesuai seleranya.

Saat ini pengguna motor matic yang tertarik untuk dimodifikasi tidak kalah banyaknya dengan motor sport, namun tidak sedikit diantara mereka yang belum memahami bagaimana cara modifikasi motor dengan tetap mengacu dari nilai-nilai safety riding (keselamatan berkendara).

Sebelum menentukan konsep modifikasi, sebaiknya anda bisa lebih cerdas (Smart) saat melakukan modifikasi pada sepeda motor. Hal ini untuk menghindari dari hasil modifikasi yang tidak sesuai dan berpotensi merugikan atau mencelakaan dirinya maupun orang lain.

Salah satu komponen motor matic yang sering dimodifikasi oleh modifkator adalah bagian kaki-kaki motor, yakni ban dan pelek. Sebelum melakukan modifikasi kaki-kaki, perlu diperhatikan ukuran standar roda motor matic. Rata-rata motor matic ini berukuran yang kecil mulai dari 12 inci, 13 inci dan 14 inci.

Saat memodifikasi ban sepeda motor dapat menggunakan rumus paling umum yaitu dengan menambah dua tingkat dari ukuran standar. Jika ukuran ban standar motor matic adalah 90/80-14 inci, maka maksimal kenaikannya sampai dengan 110/80-14 inci. Jika dipaksakan melebihi rumus tersebut, efek negatifnya ban bakal menyentuh suspensi dan spakbor.

“Mengubah ukuran ban standar sebenarnya sah-sah saja, namun harus sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, saat ikut ajang kontes modifikasi, modifikasi ban motor bisa dilakukan sesuai kreatifitas masing-masing. Mengganti ban standar dengan ukuran ban lebih kecil seperti ban sepeda diperbolehkan namun tidak disarankan untuk berkendara di jalan raya karena tidak sesuai dengan kaidah safety riding,” terang Fajar Afriansyah selaku trainer YRA Safety Riding.

Modifikasi seperti itu hanya untuk kepentingan saat ajang saja bukan untuk dikendarai di jalan raya karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Agar tampilan ban motor tampak makin keren bisa menggunakan beragam aksesori pada side wall atau dengan pengganti pentil standar. Penggunan aksesoris pada motor yang dimodifikasi tidak ada masalah, selama tidak mengganggu keselamatan.

Ikuti media sosial kita:
  • FollowFavorite
  • LIKESuka 1
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Motor

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Motor

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset

    Orang Lain Juga Melihat

    Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.