OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Tips & Trik>
  • Tips Perawatan Transmisi Manual dan Otomatis, Bukan Perkara Sulit!
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Tips Perawatan Transmisi Manual dan Otomatis, Bukan Perkara Sulit!

Dilihat 4891
Iman Firman
1 Jul 2021, 19:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Hampir setiap mobil pasti mempunyai dua pilihan transmisi yang bisa kalian pilih, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis atau yang biasa disebut matik. 

Masing-masing jenis transmisi memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk cara merawatnya supaya dapat bekerja optimal dalam membantu mobilitas kalian.

Namun sebelum lebih jauh membahas mengenai perawatan mobil matik dan manual, alangkah baiknya kalian juga mengetahui perbedaan transmisi manual dan juga otomatis.

Perbedaan Transmisi Manual dan Otomatis

Transmisi manual lebih dahulu digunakan, karena mekanisme kerjanya tidak rumit dan perawatannya juga lebih mudah. 

Seiring waktu, transmisi matik mulai banyak dicari karena membuat pengguna mobil merasa lebih nyaman. Pasalnya tidak perlu menggunakan pedal kopling ketika berkendara, terlebih disaat kondisi macet. 

Meski demikian, transmisi manual lebih andal di rute tol atau antar kota yang bebas macet. Pasalnya bisa menyalurkan tenaga lebih cepat. Namun kalian juga harus tahu perawatan kedua jenis transmisi ini sehingga lebih aman dalam berkendara.

Perawatan Transmisi Manual

Bagian pertama yang wajib dirawat adalah kopling mekanis. Hindari kebiasaan buruk seperti tidak menekan pedal kopling secara benar saat perpindahan gigi atau kasar saat melepas dan menekan. 

Hindari pula kebiasaan menahan setengah kopling saat di tanjakan karena akan mempercepat keausan pada kampas kopling. Terpenting jangan dibiasakan meletakkan kaki di pedal kopling saat mobil berjalan karena juga akan mempercepat keausan kopling.

Baca juga: Awas Salah Perlakuan, Ini Penyebab Transmisi Matik Jebol

Nah, yang tidak kalah penting adalah menjaga kualitas oli transmisi manual yang bekerja melumasi gigi transmisi, synchromesh, dan komponen lain di dalam rumah transmisi. 

Oli transmisi manual yang terjaga kualitasnya akan melindungi gigi transmisi, memudahkan perpindahan gigi, dan menambah panjang usia pakai transmisi..

Perawatan Transmisi Otomatis

Transmisi otomatis memanfaatkan tekanan oli dan Torque Converter  untuk menggerakkan perpindahan gigi. 

Torque Converter menggantikan peran kopling mekanis dan seluruh komponen yang berada di dalam transmisi terendam oli. Artinya, pelumas memegang peran penting dalam menjaga performa transmisi matik.

Automatic Transmission Fluid (ATF) memiliki tugas sebagai pelumas seluruh komponen bergerak, baik di dalam torque converter maupun rumah transmisi. 

Selain itu, ATF juga harus menyalurkan tenaga hidrolis bertekanan tinggi untuk mengoperasikan kopling dalam rangka menyalurkan daya mesin dan melakukan perpindahan gigi.

Baca juga: Begini Cara Bayar Pajak STNK Secara Online, Mudah!

Ada beberapa tipe ATF di mobil Toyota sesuai dengan teknologi yang diaplikasikan, mulai dari Dexron II sampai IV, T-IV, WS, dan CVT. 

Masing-masing memiliki spesifikasi yang berbeda terkait kekentalan fluida dan performa lain seperti kemampuan menyerap panas dan melindungi komponen dari gaya gesek. 

Penggunaan ATF yang salah akan mempengaruhi performa transmisi matik. Semisal transmisi matik CVT menggunakan oli biasa, pasti akan rusak dalam waktu singkat. 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya