• Home>
  • Tips & Trik>
  • Tips Supaya Lampu Mobil Lebih Terang, Penting Untuk Berkendara Malam Hari!

Tips Supaya Lampu Mobil Lebih Terang, Penting Untuk Berkendara Malam Hari!

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
Yunita Efendi
2 Des 2021, 14:16
  • Suka 0

Otoloka.id - Tips agar lampu mobil lebih terang memang seringkali dianggap sepele. Padahal, lampu depan yang menjadi sistem penerangan utama pada kendaraan ini cukup penting.

Lampu ini bisa menambah visibilitas atau jarak pandang pengendara, terlebih ketika pengendara berjalan di malam hari. Lampu yang terang membuat jalan di depan pengemudi lebih terlihat dan akan meminimalisir resiko kecelakaan.

Tetapi kita pasti pernah mendapati bahwa lampu mobil kita lebih redup dari biasanya. Hal ini biasanya kita sadari ketika kita melewati jalan yang gelap.

Lampu yang redup ini bukan hanya berbahaya bagi kita sebagai pengendara mobil, tetapi juga membahayakan pengguna jalan lain. Karena itu, ada beberapa tips yang harus kita perhatikan untuk menjaga agar lampu mobil lebih terang.

Lampu mobil yang lebih terang akan membantu pengemudi dalam berkendara. Karena itu, mari kita lihat tips mengenai cara menjaga agar lampu mobil tetap terang berikut ini!

Penyebab Lampu Mobil Redup

Sebelum mengetahui tips agar lampu mobil kita lebih terang, kita harus memahami dulu beberapa penyebab lampu kita menjadi redup. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan lampu depan mobil kita tidak seterang biasanya, di antaranya sebagai berikut.

1. Rusaknya Relay Lampu

Penyebab pertama lampu mobil menjadi redup adalah akibat relay lampu yang rusak. Bagi yang masih awam, relay ini berfungsi untuk menjembatani arus listrik utama dari baterai yang langsung masuk ke lampu.

Baca juga: Mau Belajar Mengemudikan Mobil? Perhatikan Langkah Ini

Relay ini pada dasarnya terdiri atas dua rangkaian. Ada rangkaian arus kecil yang masuk ke saklar lampu dan rangkaian arus utama yang masuk ke dalam lampu.

Ketika saklar lampu dinyalakan, rangkaian utama pada relay akan terhubung. Hasilnya, lampu mobil pun bisa menyala.

Nah jika lampu redup, biasanya hal tersebut terjadi karena kontak di dalam relay tersebut longgar. Hal ini akan mengakibatkan arus listrik yang sampai ke lampu ini menjadi lebih sedikit sehingga lampu menjadi lebih redup dari normalnya.

Untuk mengetahui apakah relay lampu ini rusak atau tidak, ada cara sederhana yang bisa dilakukan. 

Jika kita menyentuh bagian atas relay lampu depan dan terasa panas, maka bisa dipastikan ada kelonggaran, karena panas ini diakibatkan oleh loncatan elektron dari kontak yang kurang kencang.

2. Soket Lampu Berkarat atau Meleleh

Masalah yang ada pada soket lampu juga bisa menjadi salah satu penyebab lampu depan menjadi redup. Soket lampu yang berkarat maupun meleleh bisa menjadi beberapa penyebab utamanya.

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Untuk Ganti Kampas Rem Mobil

Karat bisa menjadi hambatan dalam aliran listrik ke lampu depan. Karat yang ada pada soket ini bisa menyebabkan penurunan tegangan yang masuk ke dalam lampu sehingga cahaya yang dihasilkan lampu menjadi kurang maksimal.

Selain itu, jika ada lelehan di area soket lampu, maka cahaya lampu juga bisa menjadi redup. Sama seperti karatan, lelehan soket lampu ini juga bisa menghambat dan menyebabkan penurunan tegangan yang masuk ke dalam lampu.

Soket lampu yang meleleh bisa diakibatkan dari soket yang kurang masuk ke dalam terminal lampu. Sama seperti relay lampu, hal ini juga menyebabkan adanya loncatan elektron dari dua konduktor yang longgar.

Loncatan elektron ini bisa menghasilkan panas. Akibatnya, panas ini bisa melelehkan area sekitar terminal lampu yang umumnya dibuat menggunakan plastik.

3. Aki Lemah

Aki yang lemah merupakan salah satu penyebab redupnya lampu yang paling umum diketahui para pemilik mobil. Aki yang lemah berarti tegangan di dalam akinya juga lemah.

Baca juga: Kenali Huruf dan Angka di Tuas Transmisi Matik, Mudah Kok!

Hal ini bukan hanya menyebabkan lampu menjadi redup, tetapi mempengaruhi proses lain yang melibatkan listrik di dalam mobil. Sebut saja proses starting yang berat dan suara klakson yang lemah.

Jika hanya tegangan aki yang drop, maka kita bisa melakukan recharge pada aki. Tetapi jika akinya sudah habis, maka kita harus menggantinya agar lampu bisa menyala terang dan fungsi lain pada mobil bisa berjalan dengan baik.

4. Mika Lampu Kusam atau Berembun

Mika lampu yang kusam atau berembun seringkali disepelekan oleh banyak pemilik mobil. Padahal, keadaan mika lampu yang buram ini bisa membuat cahaya lampu yang dipancarkan menjadi redup.

Biasanya, mika lampu ini akan berubah kusam setelah berumur tiga tahun. Jika sudah berubah kusam, maka cahaya yang dihasilkan lampu depan tidak akan keluar sempurna karena adanya kotoran yang menutupi mika tersebut.

Embun juga bisa menjadi salah satu hal yang menghalangi cahaya lampu. Jika dibiarkan, maka mika lampu akan semakin berembun dan hal ini bisa membuat cahaya lampu menjadi redup.

Biasanya, embun ini muncul dalam mika lampu akibat proses kondensasi ketika mobil melintasi area bersuhu dingin atau dibawa berkendara dalam kondisi hujan. Suhu di dalam lampu yang lebih panas bisa membuat adanya uap air mengembun pada mika lampu ini.

Tips yang bisa dilakukan agar lampu mobil tetap terang adalah dengan mencuci mika lampu ini agar kembali bening. Tetapi karena pengunci mika ini cukup kuat, maka melepas mika lampu ini perlu teknik khusus. Jika tidak yakin melakukannya sendiri, sebaiknya serahkan pada orang yang lebih ahli.

Baca juga: Perhatikan Tekanan Angin Pada Ban Cadangan, Ini Sebabnya!

5. Ada Masalah Pada Bohlam

Terakhir, redupnya cahaya lampu juga bisa disebabkan oleh bohlam lampu yang rusak. Seperti yang kita tahu, ada beberapa jenis bohlam yang digunakan untuk lampu depan mobil, yakni halogen dan LED.

Untuk bohlam halogen, maka lampu akan menggunakan kawat tipis yang disebut filamen yang akan menyala ketika dialiri listrik. Gas halogen ini dimasukkan ke dalam bohlam agar bara pada filamen menjadi lebih terang.

Jika kondisi filamen hangus, atau ada kebocoran gas halogen pada bohlam, maka lampu bisa menjadi kurang terang. Sebaiknya dilakukan penggantian bohlam jika hal ini terjadi.

Tips Agar Lampu Mobil Menjadi Lebih Terang

Nah, lalu bagaimana caranya agar lampu menjadi lebih terang? Tips terbaik yang bisa diterapkan untuk menjaga agar lampu mobil tetap terang adalah dengan mengecek terlebih dahulu beberapa komponen yang sudah disebutkan di atas.

Setelah mengecek keadaan komponen-komponen di atas dan menemukan letak permasalahannya, kita bisa langsung mengganti salah satu di antara beberapa komponen tersebut, tergantung pada komponen mana yang bermasalah.


Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      OTOLOKA Toolkit

      Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan