• twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Tips Yang Wajib Diketahui Bagi Para Pecinta Touring

Yunita Efendi
1 Des 2021, 12:14
  • Dilihat 4789
  • Suka 0

Otoloka.id - Tips untuk para pecinta touring memang wajib diketahui sebelum melakukan touring. Melakukan kegiatan touring ini memang tidak bisa sembarangan apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum melakukan touring. Beberapa tips yang wajib dilakukan sebelum touring ini bahkan tidak kalah penting dari kegiatan touring itu sendiri.

Banyak pelaku touring yang sudah berpengalaman bahkan mempersiapkan kegiatan touring tersebut hingga dua bulan sebelum perjalanan. Hal ini dilakukan agar persiapannya lebih matang.

Dengan mengetahui beberapa tips yang harus dilakukan sebelum touring, kegiatan touring akan menjadi lebih lancar. Selain itu, hal-hal ini juga bisa mempersiapkan keadaan yang tidak terduga dan tidak diinginkan ketika kita melakukan kegiatan touring tersebut.

Baca juga: Ini Cara Irit Bahan Bakar Saat Berkendara Sepeda Motor ala Yamaha

Kali ini, kita akan membahas tentang tips apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan touring. Daripada penasaran, langsung saja kita simak informasinya berikut ini!

Tips Touring Agar Lancar

1. Siapkan Keadaan Tubuh

Sebelum melakukan touring, kita harus pastikan kondisi tubuh kita berada dalam keadaan yang prima. Saat touring, kita akan melakukan perjalanan yang lebih jauh dibandingkan dengan ketika berkendara sehari-hari.

Untuk menjaga kondisi tubuh, sebaiknya kita melakukan olahraga secara rutin beberapa minggu sebelum touring dilakukan. Selain itu, pola makan dan pola tidur juga harus diperhatikan agar tidak kelelahan saat melakukan touring nantinya.

2. Siapkan Kondisi Motor

Perjalanan yang akan ditempuh ketika touring memang bukan perjalanan yang singkat. Oleh karena itu, selain menjaga kondisi tubuh, kita juga diharuskan untuk menyiapkan kondisi motor kita sebelum touring.

Baca juga :  Lumasi Rantai Motor, Lebih Baik Pakai Chain Lube atau Oli Bekas?

Mengecek kondisi motor merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum melakukan touring. Disarankan pula untuk melakukan servis berkala agar motor berada dalam kondisi yang prima sehingga nyaman dan aman dikendarai.

Biasanya, dalam servis berkala motor akan dicek secara detail. Bagian yang paling harus diperhatikan adalah kondisi ban, kondisi sprocket dan rantai, fungsi rem, kondisi oli, kondisi lampu, dan masih banyak lagi.

3. Siapkan Kelengkapan Kendaraan

Saat berkendara menggunakan motor, tentu ada beberapa kelengkapan yang harus kita siapkan. Beberapa kelengkapan yang harus kita siapkan antara lain sebagai berikut:

·         Helm

Saat berkendara dengan motor, tentu kita harus menggunakan helm demi keselamatan diri sendiri.

·         Surat Kendaraan dan Identitas

Saat melakukan touring, surat-surat kendaraan dan identitas diri juga merupakan hal yang wajib dibawa. Pastikan kita membawa STNK, SIM, dan KTP yang masih berlaku.

Surat-surat ini akan sangat dibutuhkan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, kegiatan touring pun tidak akan terhambat jika ada razia dari pihak kepolisian.

·         Jas Hujan

Jika kita melakukan touring pada musim hujan, benda yang satu ini tidak boleh sampai ketinggalan. Jas hujan ini penting agar jika terjadi hujan deras, touring masih bisa dilanjutkan dengan aman.

Tetapi disarankan untuk berhenti sejenak jika hujan terlampau deras. Hal ini demi keamanan, karena saat hujan jalanan akan lebih licin dan rawan terjadi kecelakaan.

·         GPS atau Peta Fisik

Mempersiapkan GPS juga hal yang penting untuk dilakukan sebelum melakukan touring. Hal ini perlu diperhatikan agar kita tidak tersesat saat sedang melakukan touring.

Baca juga : Simak 6 Tips Sederhana Cara Merawat Motor

Di zaman sekarang, pemakaian GPS memang banyak dipilih karena lebih praktis. Tetapi tidak ada salahnya jika kita juga menyiapkan peta fisik.

Seperti yang kita tahu, GPS membutuhkan koneksi internet untuk bisa digunakan. Jika kita berada di daerah yang sulit koneksi internet, maka adanya peta fisik bisa membantu.

·         Uang dan Dompet

Mempersiapkan diri dengan maksimal sebelum melakukan touring merupakan hal yang wajib dilakukan. Salah satunya adalah dengan menyiapkan uang dan dompet sebelum melakukan perjalanan.

Sebaiknya simpan dompet di tempat yang aman dan tersembunyi agar tidak jatuh saat touring.

·         P3K dan Obat-obatan

Satu lagi yang tidak kalah penting untuk dibawa dan disiapkan sebelum touring adalah kotak P3K dan obat-obatan pribadi. Hal ini akan sangat penting untuk menanggulangi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan kecil ketika melakukan touring.

·         Kotak Peralatan

Demi mempermudah perjalanan, sebaiknya sebelum touring siapkan juga kotak peralatan yang diisi dengan beberapa peralatan motor umum, seperti obeng, baut, dan lain-lain. Selain itu, peralatan lain seperti senter dan pemantik api juga akan berguna ketika membutuhkan penerangan di malam hari.

·         Flat Tire Repair Kit

Alat yang satu ini juga tidak boleh sampai ketinggalan. Flat tire repair kit akan berguna jika motor mengalami kebocoran ban.

Baca juga: Komponen Motor yang Perlu Dicek Ketika Musim Hujan

Biasanya, di dalam flat tire repair kit ini sudah dilengkapi pompa atau tabung gas, obeng, lem, dan karet yang bisa digunakan untuk menambal ban. Hal ini akan sangat berguna karena ketika melakukan touring, mungkin akan sulit bagi kita untuk menemukan bengkel.

4. Tentukan Rute Perjalanan

Menentukan rute perjalanan juga merupakan hal yang penting dilakukan sebelum touring. Pastikan kita menentukan tujuan akhir dan kota-kota mana saja yang dilalui.

Rute jalan ini bisa dengan mudah dicek melalui aplikasi GPS, Maps, maupun peta fisik. Hal ini dilakukan untuk mengetahui estimasi waktu dan jarak yang ditempuh.

Selain itu, dengan mengetahui rute perjalanan, kita juga bisa melihat di mana tempat-tempat yang bisa digunakan sebagai titik peristirahatan. Karena itu, informasi rute perjalanan ini harus diketahui secara detail.

5. Patuhi Peraturan Lalu Lintas

Terakhir, tetapi yang paling penting untuk dilakukan pada saat touring adalah mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Ketika melakukan kegiatan touring ini sebaiknya menggunakan riding gear yang sudah sesuai dengan standar keamanan, seperti jaket, sepatu, helm, hingga sarung tangan


Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan