• twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Trik Jitu Mengendarai Mobil Listrik Jarak Jauh

EKO
4 May 2022, 11:54

Otoloka.id- Di antara puluhan jutaan kendaraan bermotor yang ada di Indonesia, pasti ada yang menggunakan kendaraan listrik. Dan di momen mudik Lebaran tahun ini, banyak pemilik kendaraan ingin pulang kampung dengan kendaraan pribadi. Apabila yang dimiliki bertenaga listrik, pasti akan terbersit pertanyaan, apakah mobil listrik saya dapat digunakan untuk mudik atau bepergian jauh?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Nissan, pemilik kendaraan listrik menempuh perjalanan rata-rata 630 km lebih jauh daripada pemilik kendaraan berbahan bakar bensin.

Dengan begitu, kabar mengenai tidak dapat menjelajah jauh hanya mitos, karena rata-rata jelajah pemilik kendaraan dengan mesin pembakaran adalah 13.600 km per tahun, sedangkan pemilik kendaraan listrik menempuh jarak 14.300 km per tahun.

Nissan selaku produsen otomotif yang sudah gencar promosi elektrifikasi di Indonesia, memiliki tips bagi pemilik kendaraan bertenaga listrik untuk melakukan perjalanan jauh, seperti mudik, traveling,  atau road trip. Apa saja itu? Simak terus.

Persiapan

Untuk melakukan perjalanan jauh, segala sesuatunya memang perlu dipersiapkan. Seperti ketika kita harus mengetahui seberapa jauh jarak tempuh mobil listrik yang kita punya. Nissan Leaf menjadi produk bertenaga listrik berbasis baterai yang mampu menempuh jarak sejauh 311 km dalam sekali pengisian daya, itu berarti dapat menjelajah dari Jakarta ke Tegal.

Selain mengetahui lebih dalam mengenai spesifikasi kendaraan, ada baiknya kita juga mengecek kondisi komponen dalam kendaraan, seperti ban berikut tekanan anginnya, air radiator, dan kampas rem agar perjalanan tak mengalami kendala.

Ketahui Titik Pengisian Daya

Bagi pemilik mobil listrik, karena sumber tenaganya berasal dari daya listrik, kita harus mengetahui titik-titik pengisian daya selama menempuh perjalanan. Beruntung Indonesia menjadi negara yang mengakomodir elektrifikasi dengan menyiapkan stasiun pengisian daya kendaraan listrik umum (SPKLU) di beberapa tempat, seperti;

-Rest Area KM 207 A Ruas Palikanci

-Rest Area KM 379 A Ruas Batang-Semarang

-Rest Area KM 519 A Ruas Solo-Ngawi

-Rest Area KM 519 B Ruas Solo-Ngawi

Selain titik pengisian daya di rest area, terdapat juga sejumlah titik di tempat lain, seperti kantor PLN unit induk distribusi (UID) wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Ada aplikasi jitu soal lokasi stasiun pengisian daya, yaitu Charge.IN yang dapat dipantau melalui smartphone.

Maksimalkan Fitur Efisiensi Kendaraan

Salah satu fitur unggulan yang dimiliki mobil listrik adalah sistem pengereman regeneratif, yang ditemui juga di Nissan Leaf. Sistem tersebut berguna ketika kita sedang melakukan deselerasi atau sedang mengerem, maka motor listrik akan menghasilkan energi listrik dan mengirimnya ke baterai.

Apalagi, sekarang juga terdapat fitur berupa mode berkendara, termasuk mode Eco dengan penggunaan tenaga lebih sedikit, meski pengemudi tak bisa leluasa untuk berakselerasi atau menempuh kecepatan tinggi. Fitur tersebut sangat berguna ketika daya listrik di baterai menipis.

Apabila setiap kesiapan tersebut sudah dipenuhi, maka melakukan perjalanan jauh dengan mobil listrik akan sama mudahya dengan menggunakan mobil bermesin konvensional. ##

Ikuti media sosial kita:
  • Dilihat 1463
  • Suka 1
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset
    Dapetin info terbaru otomotif dalam 1 langkah, pastiin push notif aktif ya!